Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 2 Tema 2 Semester 1 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Tengah Semester Kelas 2 Tema 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 – Pada soal PTS ini dibagi ke dalam 2 sesi tema , dimana sesi 1 terdiri dari muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia , sedangkan sesi 2 terdiri dari muatan pelajaran Matematika , SBdP dan PJOK.
Untuk membantu adik-adik kelas 2 SD dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/PTS , Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban , Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Kelas 2 Tema 2.
Soal & Kunci UTS/PTS Tema 2 Kelas 2 : PPKn dan Bahasa Indonesia
1. Sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan adalah ….
a. memasuki kamar pribadi orang lain tanpa izin
b. mengetuk pintu dan mengucapkan salam ketika datang
c. tidak mengambil barang sembarangan
Pembahasan : Kita tidak boleh masuk ke kamar orang lain tanpa izin.
2. Aturan di tempat bermain harus kita ….
a. abaikan
b. patuhi
c. biarkan
3. Perilaku di rumah yang sesuai aturan yaitu ….
a. Dondo mengembalikan buku ke rak
b. Badung membaca sambil tiduran
c. Badung memarahi adiknya
4. Berikut ini manfaat menaati aturan naik kuda , kecuali ….
a. kita tidak jatuh dari kuda
b. kuda takut pada penunggang
c. kuda menjadi tidak liar
Pembahasan : Kita harus mengikuti aturan dan istruksi dari pawang kuda agar tidak menakuti kuda yang akan ditunggangi.
5. Waktu istirahat telah usai , kita harus ….
a. segera bersembunyi
b. segera masuk kelas
c. segera pergi ke kantin
6. Saat bermain ayunan , kita harus ….
a. berdiri di tempat duduk ayunan
b. mendorong ayunan dengan perlahan
c. menarik badan teman yang berayun
Pembahasan : Kita harus perlahan-lahan dan hati-hati saat bermain ayunan agar tidak jatuh.
7. Salah satu aturan di rumah yaitu ….
a. menonton TV sampai larut malam
b. bermain dengan curang
c. membantu pekerjaan orang tua
8. Perilaku menaati aturan di tempat wisata , yaitu ….
a. Tengil mencoret-coret fosil di museum
b. Made berjalan di jalur yang disediakan
c. Badung dan Tengil menginjak-injak tanaman
9. Saat bermain di sekolah , kita menggunakan bahasa ….
a. asing
b. kasar
c. santun
10. Pukul … Uni mulai belajar dengan rajin.
a. 23.00
b. 21.00
c. 19.00
Pembahasan : Pukul 19.00 atau tujuh malam merupakan waktu yang tepat untuk belajar. Hari belum terlalu malam sehingga belum mengantuk.
Teks percakapan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks percakapan berikut!
Ibu guru: Anak-anak , liburan sekolah besok kita akan pergi berwisata.
Apakah ada yang punya usul mengenai tujuan wisata?
Eko : Bagaimana kalau kita berwisata ke pantai , Bu?
Made : Aku setuju dengan pendapat Eko.
Kita bisa bermain pasir atau air di pantai.
Cici : Wah , aku sudah pernah ke pantai.
Lebih baik kita berwisata ke kebun raya.
Uni : Setuju dengan usul Cici.
Kita bisa melihat berbagai jenis tanaman dan hewan.
Ibu guru: Karena ada perbedaan pendapat , coba kita diskusikan bersama.
11. Teks percakapan tersebut sedang membicarakan tentang ….
a. liburan ke pantai
b. rencana tujuan wisata
c. wisata ke kebun raya
Pembahasan : Teks percakapan tersebut membahas tentang rencana tujuan wisata.
12. Makna kata kebun pada teks percakapan tersebut adalah ….
a. tanah terbuka;tanah garapan
b. tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi
c. sebidang tanah yang ditanami pohon musiman (buah-buahan dan sebagainya)
Pembahasan : Makna kata kebun adalah sebidang tanah yang ditanami pohon musiman (buah-buahan dan sebagainya).
13. Uni menuangkan air yang berada dalam botol ke dalam gelas. Bentuk air setelah dituangkan adalah ….
a. tetap
b. berubah menyerupai botol
c. berubah menyerupai gelas
Pembahasan : Air yang dituangkan ke dalam gelas maka bentuknya akan menyerupai gelas.
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Mengamati Benda
Eko dan Uni melakukan pengamatan.
Mereka akan mengamati wujud setiap benda.
Benda yang akan diamati yaitu gasing dan balon.
Eko mengamati gasing berputar di lantai.
Gasing yang berputar bentuknya selalu tetap.
Gasing biasanya terbuat dari kayu atau plastik.
Uni mengikat balonnya agar tidak terbang.
Balon bisa terbang karena ada gas helium di dalam balon.
Uni mengamati balon dan mencatat pengamatannya.
14. Benda yang diamati pada teks tersebut adalah …..
a. gasing dan gas helium
b. gasing dari kayu dan balon
c. gasing dan balon
Pembahasan : Pada teks tersebut , benda yang diamati adalah gasing dan balon. Jawaban bisa kita temukan pada kalimat ketiga.
15. Sesuai teks tersebut , balon bisa terbang karena ….
a. balon diikat dengan kencang
b. ada gas helium di dalam balon
c. udara di dalam balon bisa berubah wujud
Pembahasan : Balon bisa terbang karena ada gas helium di dalam balon. Jawaban bisa kita temukan pada kalimat kedelapan.
16. Bentuk gasing pada teks tersebut adalah ….
a. selalu tetap
b. menyesuaikan tempatnya
c. tergantung bahan pembuatnya
Pembahasan : Pada teks tersebut , bentuk gasing selalu tetap. Jawaban bisa kita temukan pada kalimat kelima.
17. Benda yang bentuknya tidak berubah adalah ….
a. gelas
b. susu cair
c. air
Pembahasan : Gelas merupakan benda padat sehingga jika dipindahkan bentuknya tidak berubah.
18. Wujud udara dalam balon adalah ….
a. padat
b. cair
c. gas
19. Benda berikut yang bentuknya menyerupai simpai adalah ….
a.
b.
c.
Jawaban : b
20. Benda berikut yang berada di pantai dan berwujud padat adalah ….
a. air laut
b. perahu
c. raket
Soal Isian
21. Ketika bermain kita tidak boleh ….
Jawaban : curang
22. Saat di rumah teman , kita … masuk kamar pribadi tanpa izin.
Jawaban: tidak boleh , dilarang
23. Di tempat wisata Dondo naik kuda. Dondo menaati aturan naik kuda. Dondo menaati aturan untuk menjaga … diri.
Jawaban : keselamatan
24. Aturan sebelum masuk ke dalam rumah yaitu ….
Jawaban: mengetuk pintu , memberi salam
25. Setiap aturan permainan harus ….
Jawaban : dipatuhi
26. Balon dapat menggelembung karena ada … di dalam balon.
Jawaban : udara
Pembahasan : Balon dapat menggelembung setelah kita tiup. Saat kita meniup , berarti kita memasukkan udara ke dalam balon.
27. Perhatikan gambar berikut!
Wujud benda pada gambar tersebut adalah ….
Jawaban : padat
Pembahasan : Peluit merupakan benda padat karena bentuk dan ukurannya selalu tetap.
28. Perhatikan huruf acak berikut! r – u – n – a – k – u
Huruf acak tersebut jika disusun secara tepat menjadi kata ….
Jawaban: ukuran
29. Perhatikan gambar berikut!
Alat yang digunakan untuk bermain pada gambar tersebut berwujud ….
Jawaban : padat
Pembahasan : Alat yang digunakan adalah bola. Bola merupakan benda padat karena bentuk bola selalu tetap.
30. Perhatikan teks berikut!
Air , gasing , dan udara memiliki wujud yang berbeda.
Air memiliki ciri berwujud cair.
Gasing memiliki ciri berwujud padat.
Sementara itu , udara memiliki ciri berwujud gas.
Teks tersebut membahas tentang ….
Jawaban : wujud benda
Soal UTS/PTS Tema 1 Kelas 1 : Matematika , SBdP , PJOK
1. 44 : 11 = ….
a. 4
b. 33
c. 55
Pembahasan : 44 : 11 = ….
Dapat dirubah dalam bentuk pengurangan berulang:
44 – 11 – 11 – 11 – 11 = 0
Terdapat pengurangan berulang oleh 11 sebanyak 4 kali.
Jadi , hasil dari 44 : 11 = 4.
2. Ale mempunyai 80 ekor ikan dan beberapa akuarium. Ale akan mengisi setiap akuarium dengan 20 ekor ikan. Jumlah akuarium yang dibutuhkan Ale ada ….
a. 4 buah
b. 60 buah
c. 100 buah
Pembahasan : 80 : 20 = 4. Jadi , jumlah akuarium yang dibutuhkan Ale ada 4 buah.
3. Dondo sedang berwisata bersama 3 orang temannya. Dia membawa 90 buah anggur. Dondo akan membagikan anggur tersebut ke teman-temannya sama banyak. Jumlah anggur yang diterima oleh setiap temannya ada ….
a. 93 buah
b. 30 buah
c. 87 buah
Pembahasan : 90 : 3 = 30. Jadi , jumlah mangga yang diterima tiap anak adalah 30 buah.
4. Made membeli 5 bungkus permen kacang. Setiap bungkus berisi 10 permen kacang. Banyak seluruh permen kacang yang dibeli Made adalah ….
a. 5 buah
b. 15 buah
c. 50 buah
Pembahasan : 5 x 10 = 50. Jadi , seluruh permen kacang yang dibeli Made ada 50 buah.
5. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk penjumlahan yang menyatakan banyak mobil-mobilan adalah ….
a. 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6
b. 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9
c. 6 + 9 + 6 + 9 + 6 + 9
6. …. : 12 = 4
a. 8
b. 16
c. 48
Pembahasan : …. : 12 = 4
Kita pindah ruas , pembagi bernilai 12 ke ruas kanan.
Jika pembagi dipindah ruas , akan berubah posisi menjadi pengali.
Sehingga berlaku , sebagai berikut:
…. = 12 x 4
…. = 48
Jadi , bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah 48.
7. 40 : 8 = 5. Jika ditulis dalam bentuk perulangan berulang menjadi ….
a. 40 – 8 = 5
b. 40 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 = 0
c. 40 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 = 0
Pembahasan : 40 : 8 = 5.
Jika ditulis dalam bentuk perulangan berulang menjadi:
40 – 8 – 8 – 8 – 8 – 8 = 0.
8. Dondo mempunyai 50 buah apel. Dondo membagikannya sama rata kepada 5 temannya. Apel yang diterima oleh setiap anak ada ….
a. 45 buah
b. 10 buah
c. 55 buah
Pembahasan : 50 : 5 = ….
Dapat dirubah dalam bentuk pengurangan berulang:
50 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 = 0
Terdapat pengurangan berulang oleh 5 sebanyak 10 kali. Jadi , 50 : 5 = 10.
9. Gambar simpai ditunjukan pada gambar ….
a.
b.
c.
Jawaban : b
Pembahasan : Simpai adalah alat yang biasanya digunakan untuk senam irama. Simpai berbentuk lingkaran dan bisanya terbuat dari rotan atau plastik.
10. Perhatikan gambar berikut!
Latihan pada gambar tersebut menggunakan gerak dasar ….
a. menarik
b. mendorong
c. menekuk
Pembahasan : Latihan pada gambar adalah latihan mendorong berpasangan yang dilakukan dengan menggunakan bola.
11.Gerakan memutar simpai dilakukan dengan sikap awal ….
a. berdiri membungkuk
b. berdiri tegak
c. Jongkok
Pembahasan : Gerakan memutar simpai dapat dilakukan dengan memutar simpai di tangan dan badan. Sikap awal memutar simpai adalah berdiri tegak.
12. Perhatikan gambar berikut!
Cici dan Uni bermain mendorong bola seperti pada gambar tersebut. Latihan yang dilakukan Cici dan Uni bermanfaat untuk ….
a. melatih keseimbangan otot kaki
b. melatih kelentukan otot tangan
c. melatih kekuatan otot tangan
Pembahasan : Gerakan saling mendorong dengan bola berguna untuk melatih kekuatan otot tangan.
13. Made berdiri dengan satu kaki. Lutut kaki kanan ditekuk ke depan hingga menyentuh perut. Kedua tangan Made menahan lutut. Gerakan yang dilakukan Made ditunjukkan oleh gambar ….
a.
b.
c.
Jawaban: c
Pembahasan : Gambar pada pilihan jawaban c adalah gerakan menekuk lutut ke depan dengan cara menempelkan lutut hingga ke perut.
14. Perhatikan gambar berikut!
Made berdiri dengan menekuk lutut ke depan seperti gambar tersebut.
Bagian kaki yang digunakan tumpuan adalah ….
a. ujung telapak kaki
b. tumit kaki
c. seluruh telapak kaki
Pembahasan : Berdiri dengan satu kaki sambil menekuk satu lutut ke depan dilakukan dengan tumpuan seluruh telapak kaki. Kita harus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh saat berdiri.
15.Latihan berdiri menekuk lutut ke belakang ditunjukan pada gambar ….
a.
b.
c.
Jawaban: c
Pembahasan : Gambar ‘c’ adalah gerakan menekuk lutut ke belakang yang dilakukan dengan berdiri menggunakan satu kaki.
16. Perhatikan penggalan notasi lagu berikut!
| 4 . 3 | 4 . 5 | 7 . . | 6 . . |
Nada si (7) dan nada la (6) pada notasi tersebut diikuti dua titik di belakang not.
Artinya nada tersebut dibunyikan panjang selama ….
a. dua ketuk
b. tiga ketuk
c. empat ketuk
Pembahasan : Tanda titik di belakang not angka dalam notasi berarti nada tersebut dibunyikan panjang. Jika sebuah nada diikuti dua buah titik di belakangnya , maka nada terebut dibunyikan panjang selama tiga ketuk.
17.Gerak dasar tangan dalam tari ditunjukkan oleh gambar ….
a.
b.
c.
Jawaban : a
Pembahasan : Gambar a menunjukkan Made sedang melakukan gerak dasar tangan , yaitu mengangkat kedua tangannya ke atas.
18. Gerakan kepala , tangan , dan kaki yang dilakukan bersamaan disbut gerak ….
a. koordinasi
b. kooperasi
c. komunikasi
Pembahasan : Gerakan koordinasi merupakan gabungan dari gerakan kepala , tangan , dan kaki yang dilakukan secara bersamaan.
19. Perhatikan berbagai bahan karya seni berikut!
1. Biji-bijian
2. Kerang
3. Plastisin
4. Manik-manik
5. Bunga kering
Dari berbagai bahan tersebut , yang termasuk bahan alam adalah nomor ….
a. 1 , 2 , dan 3
b. 1 , 2 , dan 5
c. 2 , 3 , dan 4
Pembahasan : Yang termasuk contoh bahan alam adalah biji-bijian , kerang , dan bunga kering.
20. Perhatikan gambar berikut!
Pola gambar di atas disebut ….
a. sketsa
b. skelet
c. skedul
Pembahasan : Sketsa merupakan gambar rancangan secara kasar pada kertas gambar.
Soal Isian
21. Hasil dari 100 : 2 = ….
Jawaban: 50
22. Hasil dari 33 : 3 : 1 = ….
Jawaban : 11
Pembahasan : Hasil dari 33 : 3 : 1 = 11 : 1 = 11.
23. Hasil dari 99 : 3 : 11 = ….
Jawaban : 3
Pembahasan : Hasil dari 99 : 3 : 11 = 33 : 11 = 3.
24. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk perkalian yang menyatakan banyak telur adalah ….
Jawaban : 9 x 10
Pembahasan : 10 + 10 + 10 + 10 + 10 + 10 + 10 + 10 + 10 = 9 x 10.
Bentuk perkalian yang menyatakan banyak telur adalah 9 x 10.
25. Gerakan meliukkan simpai dilakukan dengan sikap awal ….
Jawaban : berdiri
26. Perhatikan gambar berikut!
Pada gambar tersebut , Made jongkok dengan kedua tangan memegang di ….
Jawaban : kiri
27. Made meliukkan simpai ke kanan dan ke ….
Jawaban : kiri
28. Made mewarnai gambar imajinasinya menggunakan … warna.
Jawaban : pensil
Pembahasan : Pensil warna merupakan salah satu alat tulis yang digunakan untuk mewarnai gambar imajinatif.
29. Kuat atau lemahnya tekanan sebuah lagu disebut ….
Jawaban : dinamik
30. Made menarikan tarian kupu-kupu. Made menirukan gerakan sayap kupu-kupu. Tangannya digerakkan ke atas dan ke bawah. Berdasarkan teks tersebut , Made melakukan gerak dasar ….
Jawaban : tangan
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal UTS/PTS Tema 2 Kelas 2 , silahkan klik tautan berikut :
Atau klik di sini.
Demikian informasi tentang Soal & Kunci UTS/PTS Tema 2 Kelas 2 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.